Langsung ke konten utama

Menjelaskan Pengertian Ubiquitous Computing (IMK)

 1. Pengertian Ubiquitous Computing


A. Apa itu Ubiquitous Computing

      ubiquitous computing pertama sekali diperkenalkan oleh Gordon Moore pada tahun1965. Moore mengamati bahwa jumlah transistor pada sebuah sirkuit meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Pengamatan ini kemudian melahirkan Moore’s Law Electronics yang menyakan The future of Integrated Electronics is the future of electronics itself. The advantages of integration will bring about a proliferation of electronics, pushing this science into many areas. Integrated circuits will lead to such wonder as home computer-or at least terminal connected to a central computer-automatic control for automobiles, personal portable communications equipment”.

Ubiquitous computing system merupakan perubahan paradigma dari personal computing menjadi physical integration. Pada era personal computing membutuhkan perhatian penuh pengguna dan tidak menggimplentasikan context-awareness dalam pengembangannya, sementara itu pada era ubiquitous computing system sudah melibatkan context-awareness dan melibatkan human-computer pada sistem.


Cara Bekerja Ubiquitous Computing



Komputasi pervasif, juga dikenal sebagai komputasi di mana-mana, merujuk pada pola yang berkembang dalam menanamkan kapasitas komputasi (umumnya dalam bentuk mikroprosesor) ke dalam barang-barang biasa agar dapat berkomunikasi secara efektif dan menyelesaikan tugas-tugas yang bermanfaat sekaligus mengurangi kebutuhan pelanggan akhir untuk berkomunikasi dengan komputer. Perkakas komputasi pervasif terhubung ke jaringan dan selalu aktif.

Akhir tahun 1980-an merupakan tempat lahirnya komputasi yang ada di mana-mana. Istilah “komputasi yang ada di mana-mana” dicetuskan pada tahun 1988 oleh Mark Weiser, CTO di Xerox PARC (atau Palo Alto Research Center). Ia turut menulis beberapa studi pertama tentang subjek tersebut bersama John Seely Brown, kepala ilmuwan dan direktur PARC. Weiser dianggap sebagai orang yang pertama kali mencetuskan istilah “komputasi yang ada di mana-mana” dan menyelami kesulitan-kesulitan yang mendasarinya.

Contoh Ubiquitous Computing

Contoh Komputasi Ubiquitous :

Kualitas dan fungsi yang menggambarkan cakupan operasi komputasi di mana-mana dijabarkan di bawah ini. Mobilitas dan jaringan ad hoc sudah tersebar luas dalam komunikasi dunia nyata. Otonomi, kesadaran konteks, dan otonomi energi tidak diproyeksikan hingga dua hingga lima tahun mendatang. Kesadaran konteks dan penyertaan dalam hal-hal sehari-hari merupakan fitur definitif dan formatif dari komputasi di mana-mana. Sebagai perbandingan, otonomi energi dan otonomi sistem dan komponen merupakan fitur sekunder.

Dengan kata lain, contoh komputasi di mana-mana tidak terbatas, sehingga teknologi ini menjadi salah satu jenis yang paling dikenal dan efisien. Ini adalah teknologi berbasis penelitian yang mengupayakan komputasi yang tepat kapan pun dan di mana pun. Teknologi ini digunakan dalam beberapa cara dan dirancang untuk mengurangi pemborosan dan jeda waktu.

Link : 1.  https://socs.binus.ac.id/2018/12/20/apa-itu-ubiquitous-computing/

          2.  https://www-spiceworks-com.translate.goog/tech/iot/articles/what-is-ubiquitous-computing/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 Statistik Menentukan Sampling

  1  Rumus L emeshow  Berikut rumus Lemeshow yang dapat digunakan untuk menghitung sampel dengan total populasi yang tidak diketahui pasti: Keterangan: n = Jumlah sampel z = Skor z pada kepercayaan 95% = 1,96 P = Maksimal estimasi d = Tingkat kesalahan Contoh Menghitung Sample dengan Rumus Lemeshow  1. Tentukan ukuran sampel dari pengguna laptop Asus di Jakarta menggunakan pendekatan rumus Lemeshow dengan maksimal estimasi 50% dan tingkat kesalahan 5%. Cara pengerjaan: Jadi, jumlah sampel pengguna laptop Asus di Jakarta yang dihitung menggunakan rumus Lemeshow dengan maksimal estimasi 50% dan tingkat kesalahan 5% adalah 384 orang. Link :  https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7176509/mengenal-rumus-lemeshow-dan-cara-menghitung-sampelnya 2. Rumus Slovin Rumus ini berbunyi, rumus slovin digunakan untuk menentukan ukuran sampel penelitian dengan tingkat signifikansi yang bisa dipilih, apakah akan menggunakan 0,05 (5%) atau 0,01 (1%).  Nah, berikut ini adala...

Mengartikan Artikel Usability (IMK) Tugas 2

1.  Pengujian Kegunaan Pengujian kegunaan adalah cara terbaik untuk memahami bagaimana pengguna sebenarnya merasakan situs web atau aplikasi Anda. Tidak seperti wawancara atau kelompok fokus yang mencoba membuat pengguna melaporkan sendiri perilaku atau preferensi mereka secara akurat, pengujian pengguna yang dirancang dengan baik mengukur kinerja aktual pada tugas-tugas penting. Jika pengguna tidak dapat mengetahui cara menyelesaikan pembelian, komentar "tetapi saya sangat suka situs web ini!" tidak akan dapat menggantikannya. Memulai Untuk melakukan uji kegunaan, mulailah dengan mengidentifikasi target audiens. Target audiens akan terdiri dari satu atau beberapa kelompok pengguna. Misalnya, satu situs web mungkin memiliki konten untuk konsumen dan area login terpisah untuk administrator situs. Kemungkinan kedua kelompok pengguna ini melakukan tugas yang berbeda sebagai bagian dari penggunaan situs web normal mereka. Setiap kelompok pengguna harus diberi tugas untuk dilakuka...

Standard Proses UCD untuk Sistem Interaktif

Gambar yang ditampilkan adalah diagram alur proses User-Centered Design (UCD) atau Human-Centered Design (HCD) yang menjadi standar dalam pengembangan sistem interaktif. Proses ini bertujuan agar sistem yang dikembangkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan konteks pengguna akhirnya, serta organisasi yang menaunginya. Tahapan Utama Proses UCD Berikut penjelasan setiap tahapan pada gambar: System meets specified organizational, user and functional requirements? Penjelasan: Pertanyaan ini merupakan titik evaluasi sentral dalam proses desain berpusat pada manusia (Human-Centered Design). Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sistem: Memenuhi kebutuhan pengguna (user needs), Mencapai tujuan organisasi, dan Berfungsi sesuai dengan spesifikasi teknis/fungsional. Tahapan dalam Gambar: 1. Plan for human-centered design Merencanakan pendekatan desain yang fokus pada pengguna dan tujuan organisasi. 2. Understand and specify the context of use Memahami siapa pengg...