Langsung ke konten utama

SEJARAH & PENGERTIAN SISTEM OPERASI MAC OS

 



Pengertian Mac OS

Macintosh Operating System atau lebih dikenal dengan sebutan Mac OS adalah sistem operasi GUI (Graphical User Interface) yang digunakan untuk mengoperasikan komputer Macintosh. Sistem operasi ini merupakan OS GUI pertama yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Inc.

Sama seperti jenis sistem operasi pada umumnya, Mac OS berfungsi untuk melakukan booting, manajemen proses dan memori, kontrol perangkat, desain antarmuka, dan sebagainya. Tetapi, dibandingkan para pesaingnya, sistem operasi Mac OS terbilang lebih unggul dalam segi antarmuka grafis dan keamanan.

Selain itu, ada banyak keunggulan dan fitur yang ditawarkan Mac OS. Salah satunya adalah kompatibilitas, dimana sistem operasi ini dapat diinstal di smartphone atau perangkat lain sesuai spesifikasi dan ketentuan yang berlaku.


Sejarah Mac OS

Mac OS pertama kali dirilis pada tahun 1984 oleh industri pengembangnya, yakni Apple Inc. Kala itu, sistem operasi ini dinamai System 1 hingga Mac OS 9 yang kini dikenal sebagai Mac OS Klasik.

Menariknya, Mac OS Klasik sama sekali tidak memiliki barisan perintah atau command line. Versi Mac OS yang tergolong lawas tersebut sudah sepenuhnya menggunakan antarmuka pengguna grafik.

Mac OS awalnya berasal dari NeXT yang merupakan perusahaan milik Steve Jobs setelah keluar dari Apple Inc pada tahun 1985. Di tahun yang sama, NeXT berhasil mengembangkan dan merilis sistem operasi bernama NeXTSTEP.

Pada tahun 1990an, Apple Inc berniat untuk mengganti Mac OS Klasik dengan membuat sebuah sistem operasi generasi baru. Sayangnya, saat itu terdapat cukup banyak kendala yang berujung pada pembatalan proyek pengembangan.

Selanjutnya pada tahun 1996, Apple memutuskan mengakuisisi NeXT dan menjadikan sistem operasi NeXTSTEP sebagai dasar pengembangan generasi berikutnya. Dengan kata lain, Steve Jobs secara otomatis bergabung kembali dengan Apple Inc.

Steve Jobs kembali memimpin pengembangan sistem operasi generasi baru dan merilis OS bernama ‘Rhapsody’ pada tahun 1997. Tak berhenti sampai disitu, pengembangan terus dilakukan hingga akhirnya Mac OS X yang merupakan versi ke-10 dari sistem operasi untuk Macintosh dirilis.

Sejarah & Pengertian Mac Os

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 Statistik Menentukan Sampling

  1  Rumus L emeshow  Berikut rumus Lemeshow yang dapat digunakan untuk menghitung sampel dengan total populasi yang tidak diketahui pasti: Keterangan: n = Jumlah sampel z = Skor z pada kepercayaan 95% = 1,96 P = Maksimal estimasi d = Tingkat kesalahan Contoh Menghitung Sample dengan Rumus Lemeshow  1. Tentukan ukuran sampel dari pengguna laptop Asus di Jakarta menggunakan pendekatan rumus Lemeshow dengan maksimal estimasi 50% dan tingkat kesalahan 5%. Cara pengerjaan: Jadi, jumlah sampel pengguna laptop Asus di Jakarta yang dihitung menggunakan rumus Lemeshow dengan maksimal estimasi 50% dan tingkat kesalahan 5% adalah 384 orang. Link :  https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7176509/mengenal-rumus-lemeshow-dan-cara-menghitung-sampelnya 2. Rumus Slovin Rumus ini berbunyi, rumus slovin digunakan untuk menentukan ukuran sampel penelitian dengan tingkat signifikansi yang bisa dipilih, apakah akan menggunakan 0,05 (5%) atau 0,01 (1%).  Nah, berikut ini adala...

Mengartikan Artikel Usability (IMK) Tugas 2

1.  Pengujian Kegunaan Pengujian kegunaan adalah cara terbaik untuk memahami bagaimana pengguna sebenarnya merasakan situs web atau aplikasi Anda. Tidak seperti wawancara atau kelompok fokus yang mencoba membuat pengguna melaporkan sendiri perilaku atau preferensi mereka secara akurat, pengujian pengguna yang dirancang dengan baik mengukur kinerja aktual pada tugas-tugas penting. Jika pengguna tidak dapat mengetahui cara menyelesaikan pembelian, komentar "tetapi saya sangat suka situs web ini!" tidak akan dapat menggantikannya. Memulai Untuk melakukan uji kegunaan, mulailah dengan mengidentifikasi target audiens. Target audiens akan terdiri dari satu atau beberapa kelompok pengguna. Misalnya, satu situs web mungkin memiliki konten untuk konsumen dan area login terpisah untuk administrator situs. Kemungkinan kedua kelompok pengguna ini melakukan tugas yang berbeda sebagai bagian dari penggunaan situs web normal mereka. Setiap kelompok pengguna harus diberi tugas untuk dilakuka...

Standard Proses UCD untuk Sistem Interaktif

Gambar yang ditampilkan adalah diagram alur proses User-Centered Design (UCD) atau Human-Centered Design (HCD) yang menjadi standar dalam pengembangan sistem interaktif. Proses ini bertujuan agar sistem yang dikembangkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan konteks pengguna akhirnya, serta organisasi yang menaunginya. Tahapan Utama Proses UCD Berikut penjelasan setiap tahapan pada gambar: System meets specified organizational, user and functional requirements? Penjelasan: Pertanyaan ini merupakan titik evaluasi sentral dalam proses desain berpusat pada manusia (Human-Centered Design). Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sistem: Memenuhi kebutuhan pengguna (user needs), Mencapai tujuan organisasi, dan Berfungsi sesuai dengan spesifikasi teknis/fungsional. Tahapan dalam Gambar: 1. Plan for human-centered design Merencanakan pendekatan desain yang fokus pada pengguna dan tujuan organisasi. 2. Understand and specify the context of use Memahami siapa pengg...