Langsung ke konten utama

SEJARAH DAN PENGERTIAN SISTEM OPERASI DOS




Apa Itu DOS?

Disk Operating System merupakan sebuah perangkat lunak yang masuk dalam kategori sistem operasi ringan berbasis teks. Artinya, seluruh perintah dijalankan dengan mengetik teks secara manual. Berbeda dengan Graphic User Interface yang tersaji secara grafis untuk memudahkan pengguna. Pengguna DOS harus memiliki kemampuan dalam mengingat ketika harus menghafalkan berbagai macam perintah untuk menjalankan fungsi program. 

Bagi pengguna komputer zaman dulu tepatnya sebelum Windows 95 hadir, pengguna harus melepas pasang disket untuk menjalankan sistem operasi dan berbagai macam programnya. Tidak seperti sekarang yang sudah menyatu dengan harddisk. DOS terus dikembangkan hingga saat ini dan terus menyatu pada sistem operasi Windows produk dari Microsoft yang dinamakan MS-DOS. 

Bagaimana Sejarah DOS?

Sejarah mengenai DOS, mungkin sudah kamu pelajari sebelum mengambil program ekstensi D3 ke S1. Namun, buat kamu yang baru ingin kuliah di Jurusan Teknik Informatika mungkin baru akan dikenalkan dengan DOS. Pada awalnya, DOS diciptakan pada tahun 1980 ketika tim sebuah tim bernama Paterson yang berasal dari Seattle Computer menulis sebuah program bernama Quick and Dirty Operating System atau QDOS. Paterson memasarkannya dan menamainya dengan 86-DOS. QDOS beserta lisensinya lalu dibeli oleh Bill Gates (pendiri Microsoft) untuk bisa dipasarkan sendiri. 

Bill Gates memasarkannya pada perusahaan raksasa IBM. Setelahnya, IBM dengan basis QDOS meluncurkan kembali sebuah sistem operasi bernama PC-DOS. Sukses dalam menjual QDOS ke IBM, Microsoft terus melakukan pengembangan sendiri dari lisensi yang dipunya. 

Pada tahun yang sama, Microsoft untuk pertama kalinya menjual sistem operasi yang diberi nama MS-DOS dan terus dikembangkan menjadi Windows 10. Dalam perjalanannya, MS-DOS terus bersaing dengan Apple yang kala itu meluncurkan Macintosh dengan fitur luar biasa karena telah menggunakan konsep Grafik User Interface yang mendukung penggunaan Mouse.  Persaingan tersebut membuat Microsoft meluncurkan sistem operasi terbaru bernama MS-DOS v3.0 yang mendukung penggunaan Harddisk dengan kapasitas luar biasa pada waktu itu, yaitu 10 MB. 

Sistem & Pengertian DOS

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 Statistik Menentukan Sampling

  1  Rumus L emeshow  Berikut rumus Lemeshow yang dapat digunakan untuk menghitung sampel dengan total populasi yang tidak diketahui pasti: Keterangan: n = Jumlah sampel z = Skor z pada kepercayaan 95% = 1,96 P = Maksimal estimasi d = Tingkat kesalahan Contoh Menghitung Sample dengan Rumus Lemeshow  1. Tentukan ukuran sampel dari pengguna laptop Asus di Jakarta menggunakan pendekatan rumus Lemeshow dengan maksimal estimasi 50% dan tingkat kesalahan 5%. Cara pengerjaan: Jadi, jumlah sampel pengguna laptop Asus di Jakarta yang dihitung menggunakan rumus Lemeshow dengan maksimal estimasi 50% dan tingkat kesalahan 5% adalah 384 orang. Link :  https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7176509/mengenal-rumus-lemeshow-dan-cara-menghitung-sampelnya 2. Rumus Slovin Rumus ini berbunyi, rumus slovin digunakan untuk menentukan ukuran sampel penelitian dengan tingkat signifikansi yang bisa dipilih, apakah akan menggunakan 0,05 (5%) atau 0,01 (1%).  Nah, berikut ini adala...

Mengartikan Artikel Usability (IMK) Tugas 2

1.  Pengujian Kegunaan Pengujian kegunaan adalah cara terbaik untuk memahami bagaimana pengguna sebenarnya merasakan situs web atau aplikasi Anda. Tidak seperti wawancara atau kelompok fokus yang mencoba membuat pengguna melaporkan sendiri perilaku atau preferensi mereka secara akurat, pengujian pengguna yang dirancang dengan baik mengukur kinerja aktual pada tugas-tugas penting. Jika pengguna tidak dapat mengetahui cara menyelesaikan pembelian, komentar "tetapi saya sangat suka situs web ini!" tidak akan dapat menggantikannya. Memulai Untuk melakukan uji kegunaan, mulailah dengan mengidentifikasi target audiens. Target audiens akan terdiri dari satu atau beberapa kelompok pengguna. Misalnya, satu situs web mungkin memiliki konten untuk konsumen dan area login terpisah untuk administrator situs. Kemungkinan kedua kelompok pengguna ini melakukan tugas yang berbeda sebagai bagian dari penggunaan situs web normal mereka. Setiap kelompok pengguna harus diberi tugas untuk dilakuka...

Standard Proses UCD untuk Sistem Interaktif

Gambar yang ditampilkan adalah diagram alur proses User-Centered Design (UCD) atau Human-Centered Design (HCD) yang menjadi standar dalam pengembangan sistem interaktif. Proses ini bertujuan agar sistem yang dikembangkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan konteks pengguna akhirnya, serta organisasi yang menaunginya. Tahapan Utama Proses UCD Berikut penjelasan setiap tahapan pada gambar: System meets specified organizational, user and functional requirements? Penjelasan: Pertanyaan ini merupakan titik evaluasi sentral dalam proses desain berpusat pada manusia (Human-Centered Design). Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sistem: Memenuhi kebutuhan pengguna (user needs), Mencapai tujuan organisasi, dan Berfungsi sesuai dengan spesifikasi teknis/fungsional. Tahapan dalam Gambar: 1. Plan for human-centered design Merencanakan pendekatan desain yang fokus pada pengguna dan tujuan organisasi. 2. Understand and specify the context of use Memahami siapa pengg...